Pages

Cara Mengatasi Sembelit


Taukah anda, banyak sekali orang yang sering mengalami masalah gangguan pencernaan. Sembelit, ya itu adalah salah satunya. Apa sih itu sembelit? Untuk tau jawabannya, baca artikel berikut ini!
Sembelit merupakan penyakit yang menyerang siitem pencernaan pada manusia. Hal ini merupakan hal yang wajar atau sudah umum. Sekitar 2,5 juta orang telah pergi ke dokter setiap tahunnya karena masalah sembelit tersebut. Hal ini dikarenakan tinja dalam pencernaan telah mengeras dan berlebihan sehingga tertahan pada pencernaan. Kekurangan cairan atau di sebut dehidrasi juga merupakan faktor terjadinya sembelit.
Sebetulnya untuk penyakit ini disimpulkan penyakit yang umum tapi dapat berakibat penyakit kanker. Ada 7 langkah mudah untuk mengatasinya, seperti berikut ini: 

1. Hentikan kebiasaan ngemil diantara jam makan

Jangan makan cemilan dahulu sebelum makanan yang Anda makan sebelumnya telah selesai dicerna. Jika jarak antara sarapan, ngemil dan makan siang terlalu sedikit, saluran pencernaan Anda akan mengalami penumpukan makanan dan akan menyebabkan sembelit.

2. Kurangi konsumsi makanan olahan

Makanan olahan atau makanan kemasan memiliki umur simpan tertentu dan biasanya mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Cegah dehidrasi

Salah satu alasan sembelit adalah karena Anda mengalami dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, usus besar adalah organ yang pertama kali merasakan akibatnya. Usus besar yang sehat memiliki persentase cairan yang sangat tinggi.

Tubuh Anda juga membutuhkan cairan dari usus besar untuk mendukung organ-organ tubuh lainnya. Oleh karena itu Anda perlu banyak minum air hingga 8 gelas per hari.

4. Kurangi konsumsi makanan yang sifatnya kering

Makanan yang kering seperti kacang, keripik, dan biskuit dapat menghambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. Ketika Anda mengonsumsinya, perbanyaklah minum air putih.

5. Rajin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal. Sehingga pencernaan lancar dan terhindar dari sembelit.

6. Pijat perut

Berikan pijatan lembut pada perut ketika sedang bersantai atau dalam keadaan perut yang tidak penuh. Hal ini akan membuat kondisi perut Anda rileks dan tenang sehingga mampu mencerna makanan dengan baik.

7. Tarik napas panjang

Luangkan waktu untuk menarik napas panjang, tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Saat bernapas, sistem saraf Anda akan tenang dan mampu memperlancar proses pencernaan.

Sedangkan dengan cara sedikit dipaksa yang biasanya untuk penderita obstipasi, yaitu dengan mengonsumsi obat pencahar disebut laksatif (yang kadang-kadang menyebabkan perut terasa melilit berlebihan, tinja berbentuk cair, atau bahkan ketergantungan obat pencahar), penghisapan tinja atau feses dengan alat khusus, terapi serat, dan pembedahan (walaupun pilihan ini cukup jarang dilakukan).

Penderita sembelit dilarang untuk :
1.       Menahan buang air besar
2.       Mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas
3.       Makan dalam porsi yang banyak
4.       Meminum minuman yang berkafein dan soft drink